Jenis-Jenis Paragraf Berdasarkan Letak Gagasan Utamanya


Assalamu’alaikum

Baru ngepost lagi nih udah lama banget gk posting hehe
Postingan kali ini buat ngerjain salah satu tugas TIK juga :D
Sekarang aku mau ngebahas tentang jenis-jenis paragraf berdasarkan letak gagasan utamanya aja kali ya …

            Paragraf merupakan rangkaian beberapa kalimat yang saling berhubungan dan membentuk kesatuan pokok pembahasan.

A.    Paragraf Deduktif
Paragraf deduktif adalah paragraf yang letak kalimat utamanya terletak di awal paragraf, gagasan utama itu dinyatakan dalam kalimat utama. Diawali dengan pernyataan umum dan di susul dengan penjelasan umum.

Contoh paragraf deduktif :
            Di Jawa Barat salah satu komoditas unggulannya adalah perkebunan teh. Perkebunan teh banyak terdapat di daerah pegunungan seperti di daerah Ciwidey. Banyak manfaat yang terkandung di dalam teh seperti menyehatkan badan, menghilangkan rasa stress dan dapat pula dijadikan lahan penghasilan.

B.    Paragraf Induktif
Paragraf Induktif adalah paragraf yang gagasan utamanya terletak di akhir paragraf.

Contoh paragraf induktif :
            Seiring dengan berkembangnya teknologi, di negara Jepang telah membuat terobosan baru untuk membantu kenyamanan para pasien di rumah sakit dengan membuat sebuah robot kucing. Robot ini bisa menghibur pasien dan pengunjung dengan cara mengambilkan air minum dan membawakan barang-barang yang tidak terlalu berat. Robot ini dapat mengisi energinya dengan cara mencharger dirinya sendiri. Robot tersebut dinamai Cute Catty Robot.

C.    Paragraf Deduktif-Induktif
Paragraf Deduktif-Induktif atau paragraf campuran yaitu paragraf yang kalimat utamanya berada di awal dan di akhir paragraf. Dalam paragraf ini terdapat dua kalimat utama.

Contoh Paragraf Deduktif-Induktif :
            Banyak sekali transportais yang menjamur di Ibukota seperti mobil,motor,kereta api,bus transjajarta,pesawat,kapal laut dll. Tetapi ada salah satu alat transportasi yang melegenda yaitu bajaj. Si orange beroda tiga ini sedang mengalami peremajaan oleh pemkot DKI. Agar tidak menimbulokan polusi udara dan polusi suara, pemkot DKI mengganti bahan bakarnya dengan yang lebih ramah lingkungan yaitu dengan bahan bakar gas.

Nah itu dia jenis-jenis paragraf berdasarkan letak gagasan utamanya
Yang di highlight itu lah kalimat utamanya
Semoga bermanfaat ya postingan kali ini :D

Comments

Post a Comment

Popular Posts