SIDANG TILANG DI PENGADILAN NEGERI BALE ENDAH BANDUNG

haiii Assalamu'alikum ....
sekarang saya mau berbagi pengalaman aja nih 
kebetulan diriku sekitar sebulan yang lalu baru kena tilang waktu operasi zebra huhu ...
gara-gara gak nyalain lampu (padahal sih masih pagi dan cukup terang juga buat bawa motor)
yaaa apa mau dikata peraturan tetaplah peraturan mau gk mau saya harus nerimain saya salah dan setuju buat ditilang
saya kira sidang tilang nya bakal di polres cimahi karena kena ditilang di daerah cimindi 
sialnya saya harus ikut sidang di bale endah dan itu jauuuhhhh banget dari tempat tinggal saya :(
saya dapet surat tilang yang merah (katanya sih yang merah lebih mahal dendanya) 
sidang tilang di PN Bale Endah cuma di hari jumat aja dan saya harus kesana 2 minggu kemudian setelah saya ditilang 

yang harus dipersiapkan :
1. mental (karena nanti kesabaran kita bakal diuji)
2. isi perut (jangan sampe perut kosong sebelum kesana soal nya bakal kerasa laper)
3. surat tilang (jangan sampe udah jauh-jauh ketinggalan surat tilang nya)
4. bawa uang receh (biar pembayaran denda gak makan waktu lama)
5. cemilan (nemenin waktu kosong di tempat sidang)
6. pulpen (gak penting tapi penting banget bwt di bawa)
7. temen/pacar/selingkuhan/gebetan/ or anyone (you know lah fungsi nya bwt apa haha)

tips nih karena sidang nya hari jumat pasti kepotong waktu buat sholat jumat kan lebih baik dateng pagi ya sekita jam 9 pagi udah di lokasi biar sebelum waktu istirahat surat tilang kamu lagi diproses


------skip langsung ke waktu persidangan------
pas nyampe di PN Bale Endah usahakan nyari parkiran yg enak yg gk kepanasan gk keujanan gk bayar parkir (klo ada haha) waktu itu sih saya parkir di dalam kantor Bale Endah nya jadi saya rasa motor saya bakal aman disitu
kalau kalian gak tau apa-apa belum pengalaman soal ginian (saya banget) coba cari orang yang baik yang bisa bantuin kita disana (kebetulan nih ketemu aa yang super baik +ganteng pula haha)

nanti kamu bakal ketemu sama ribuan terdakwa sidang tilang kebanyakan sih cowo agak worry juga kalau sendirian kesana untung ada sohib kece saya yang mau nemenin
disana ada banyak lembaran daftar peserta sidang di papan pengumuman nah kamu sesuaiin deh kamu ditilang di daerah mana soalnya beda-beda ada yang di daerah bandung, cimahi dan lain-lain
karena saya dari polres cimahi ternyata pengumuman nya ada di dalam ruangan (pantesan gk ketemu terus)

oh iya "HINDARI CALO"
biasanya para calo ini ngincer ibu-ibu atau cewe-cewe kayak kita
dan hebatnya si calo itu dia bisa ngumpulin 10-20 orang target nya dalam satu waktu
menurut saya sih selama masih bisa sama sendiri kenapa harus pake calo ? toh kita udah nyampe di lokasi jauh-jauh percuma juga kan kalau harus pake calo 
udah bayar calo nunggu tetep lama juga proses sidang bakalan sama dan gak bakal dapet pengalamannya sih i think

abis gtu cari no surat tilang kamu di papan pengumuman
kalau udah ketemu tulis halaman nya + no urut sidang tilang kamu
terus tukerin deh surat tilang kamu sama no antrian di meja petugas
tunggu deh sampai sidang nya di mulai
FYI sidang daerah bandung dan cimahi tempatnya terpisah ya jangan salah masuk ruangan (kalau gk tau jgn malu buat bertanya okrayy)
segera masuk ruangan sidang karena kalau no antrian kamu udah dipanggil dan kamu belum dateng nanti bakal dipanggil terakhir lohh

di ruang sidang pas no antrian udah dipanggil segera maju kehadapan hakim ketua nanti sama beberapa orang kamu bakal dibacain kesalahannya apa, kena pasal berapa dan berapa denda yang harus kamu bayar abis gtu hakim ketok palu deh
karena hanya sim saja yang diambil jadi saya cuma bayar denda Rp 50.000  + biaya adm Rp 1.000 terus simpan no antrian kamu di meja sidang
nanti kamu disuruh keluar ruangan untuk bayar denda di ruangan terpisah
sidang nya sih cukup gtu aja bentar banget yang makan waku tuh waku bayar denda
no antrian saya 736 sedangkan waktu itu baru nyampe 200-an gila gk tuh harus berapa lama saya nunggu
ini waktu nya cemilan kamu beraksi guyss ...

setelah 3 JAM NUNGGU akhirnya saya dipanggil juga langsung deh bayar Rp 51.000 pake uang pas biar cepet 
abis itu surat tilang kamu bakal diganti sama sim kamu yang udah ditahan 2 minggu lamanya 
okee selesai sudah sidang tilang yang makan waktu ini jangan lupa bilang terima kasih sama orang-orang yang udah mau bantuin kalian disana
thanks to aa yang super baik sama bapak satpam disana
saya gak mau kesana lagi udah kapok karena kena banjir dulu disana klo cuma bwt ditilang 
klo bwt silaahturahmi atau PKL/kerja disana insyaallah deh ya

itu dia sedikit pengalaman saya
semoga gak kena tilang tilang lagi, harus taat aturan lalu lintas dan aturan lainnya, harus baik sama orang jangan pamrih buat nolongin orang
semeoga info tadi bermanfaat guys ^^

FOLLOW IG : ririfazrian

Comments

Popular Posts