PERPANJANGAN STNK DI SAMSAT CIMAREME

assalamu'alaikum guys
balik lagi nih sama pengalaman saya yang bakal saya share disini sebagai informasi bagi pemula yang belum pernah ke samsat seperti saya ini
oh ya sebelum mulai sharing nya ada beberapa tips yang harus kalian lakuin sebelum pergi ke samsat

TIPS :
1. sarapan dulu kelessss biar disana gk kelaparan gk banyak jajan juga hihi
2. siapin dokumen-dokumen yang dibutuin seperti KTP pemilik motor, STNK,BPKB
3. semua dokumen itu di fotokopi dulu ya di simpen dalam satu map
4. bawa pulpen sendiri biar praktis
5. bawa uang lebih dari total pajak dan biaya perpanjangan STNK kalian
6. usahakan dateng pagi biar antrian nya gk terlalu banyak dan usahakan jangan hari jumat dan sabtu karena waktu nya sempit kepotong sholat jumat
7. ingat-ingat nama pemilik motor (berhubung nama pemilik motor yang saya gunakan adalah nama ibu saya)

oke kita mulai ya pengalaman pribadi saya ....
setelah semua dokumen lengkap saya langsung berangkat ke samsat Cimareme, setelah sampai disana saya parkirin motor di parkiran roda dua, kemudian mintalah petugas untuk menggosok nomor kendaraan kita biasanya yang pake kemeja hitam yang bawa-bawa obeng sama kertas.
kebetulan petugas yang saya minta tolongin bantuan nya beliau meminta upah gosok kendaraan sebesar Rp. 10.000 ya gpp lah sekali ini
next klo udah beres gosok nomor kendaraan langsung pergi ke loket Cek Fisik dan kasihin semua dokomen baik yang asli maupun fotokopinya
setelah semua dokumen lengkap dan di cap oleh petugas pergilah ke kantor samsat
dan taraaaaaaaaaa di parkiran sepi tapi didalem gedung ngebludak orang-orang nya
disana ada banyak loket mulai dari loket 1-10 dan loket lainnya
bawa berkas-berkas tadi ke loket pendaftaran dan nanti kalian bakal dikasih formulir yang harus kalian isi
isi lah formulir tersebut dengan benar dan ikuti contoh yang sudah disediakan, sesuaikan isi formulir dengan STNK kalian mulai dari jenis motor hinnga type nya dll.
next bawa formulir dan berkas tadi ke loket no 10 kendaraan roda dua untuk ditukar dengan kertas seperti kwitansi ...
tunggu hingga nama pemilik kendaraan kita dipanggil oleh kasir
setelah dipanggil kita diminta untuk membayar waktu itu saya membayar sekitar Rp 360.000 berhubung saya sudah kena kebijakan pemerintah mengenai kenaikan tarif STNK 5 tahunan
setelah membayar tunggu lah hingga kita dipanggil kembali untuk mengambil STNK kita yang sudah diperpanjang

setelah semua prosedur selesai kita mengambil plat nomor kita yang baru, tapi sebelum itu kita harus melepas plat nomor kita yang lama untuk ditukar dengan yang baru mintalah bantuan petugas untuk itu ...
lalu ketika sudah mendapatkan plat nomor yang baru minta juga kepada petugas untuk dipasangkan kembali dan berilah sedikit upah bagi petugas tersebut karena agak rumit juga untuk melepas dan memasang nya.

nah itu dia sekian banyak pengalaman saya
btw saya mau kasih penilaian buat samsat cimareme yang pertama petugas nya ramah ramah kita selalu diarahkan untuk menuju ke step step selanjutnya, petugasnya juga baik langsung ngasih tau klo kita keliatan seperti orang yang kebingungan, parkir motor cukup memadai, kantin nya bersih dan rapi dilihat dari jauh, ruangan nya adem walaupun banyak orang.
saran nya paling untuk petugas pemasangan plat nomor diperbanyak lagi karena tidak seimbang antara petugas gosok nomor dengan petugas memasang dan melepas plat nomor mengingat beban pekerjaannya, dan ingin nya sih free wifi biar gk BT nunggu disamsat nya hehe

okeeee cukup sekian dulu ya semoga info dari saya selalu bermanfaat
FOLLOW IG : ririfazrian

Comments

Popular Posts